Lestude "centre for design studies"

History of Lestude

Secara konseptual, LeStuDe sudah mulai dirancang sejak Juli 2006 saat Ahmad Adib dan beberapa teman dosen maupun professional membuka kantor konsultan Ahmad Adib & Partners branding research & development di Arcade Hotel Sahid Kusuma Solo. AhmadAdib&Partners didirikan sebagai alternatif bentuk pengembangan disiplin keilmuan bidang desain serta ketertarikan pada dunia komunikasi pemasaran (marketing communication) yang dianggap akan mampu lebih memberikan ruang gerak keilmuannya.Di kantor tersebut mulai banyak yang nyambangi (menengok) baik teman-teman secara individu maupun organisasi/lembaga, teman-teman alumni dan para mahasiswa dari yang sekedar say hello, sampai yang mengajak diskusi super serius tentang segala hal yang dianggap aktual.

Sesekali mulai mampir juga beberapa wakil dari Pemerintah Daerah dan beberapa perusahaan lokal untuk sekedar silaturrahim, mencari informasi,konsultasi sampai yang langsung memberikan tanggungjawab sebuah proyek. Perlahan tapi pasti mulailah dipercaya oleh lembaga dan perusahaan untuk mengajukan/menerima pekerjaan sesuai bidang yang selama ini menjadi positioning kita, yaitu branding research & development. Dari beberapa job yang ditangani, dalam prosesnya masih harus menjelaskan secara panjang lebar, detail serta disertai contoh-contoh yang telah ada. "Kita memang harus menjelaskan dengan sabar sambil menerapkan strategi kampanye edukasi (education campagne), untuk memahamkannya," papar Gus Dib, demikian beliau biasa dipanggil.

Bermula dari bincang-bincang yang semakin menantang sekaligus menarik inilah, mulai muncul mendirikan lembaga yang diharapkan mampu sebagai media interaksi bagi siapapun yang tertarik serta memiliki komitmen untuk mengembangkan desain di kota Solo ini. Diawali dengan riset pada lembaga-lembaga yang relatif sama  untuk digunakan dalam proses pencarian bentuk, jenis dan nama lembaga yang dianggap paling sesuai dengan tujuan lembaga ini. Dilanjutkan mencari masukan-masukan ke notaris dan ahli yang kompeten untuk segera secara formal merealisasikan lembaga tersebut.

Barulah pada medio Juli 2008, saat kantor AhmadAdib&Partners menempati kantor baru di Jalan Melati (utara Rumah Sakit Kasih Ibu), Purwosari, Solo, ide pendirian itu muncul lagi untuk segera direalisasikannya. Dengan dukungan dan kerjasama beberapa dosen Seni Rupa UNS, ISI Solo, ASDI, ITB,  ITS dan UK Petra Surabaya ditambah beberapa teman praktisi/profesional, akhirnya diwanek-wanekno (memberanikan diri) berdirilah Lembaga Studi Desain (LeStuDe). Yang oleh karena semangat untuk segera membuat aktifitas-aktifitas bersama berbagai kalangan akademis, Pemkot, pengusaha maupun masyarakat mulai dimunculkannya istilah “centre for design studies”.

 

 

No comments yet

Enter the Discussion and post your Comment